Muse » Makna Muse » Makna Lagu Muse – MK Ultra

Makna Lagu Muse – MK Ultra

Disini saya akan membahas sebuah lagu dari Muse, MK Ultra, dan semua cerita dibalik lirik-liriknya yang dapat saya jabarkan. Kita tahu kalau grup band asal Inggris ini menghadirkan berbagai lagu mengenai masalah-masalah yang ada di dunia ini, mulai dari kontroversi-kontroversi, korupsi, pemikiran politik, dll. Yang dikemas dengan alunan nada yang diluar dugaan para musisi.

Kata MK Ultra, jika kita mencarinya di situs pencarian macam Google, pasti akan langsung berhubungan dengan salah satu teori konspirasi tentang sebuah project rahasia CIA. Berikut ini kutipan dari Wikipedia.

Project MKULTRA adalah sebuah proyek gelap CIA, badan intelijen Amerika Serikat pada awal tahun 1950-an dan berakhir di akhir tahun 1960-an. Proyek ini bertujuan untuk mencari cara untuk mengendalikan pikiran seseorang, mulai dari memberikan informasi terdalam hingga melakukan apapun yang diperintahkan layaknya robot serta untuk menyaingi kemampuan KGB, badan intelijen Uni Soviet pada masa itu, dan Korea Utara untuk membaca pikiran seseorang hingga yang paling rahasia sekalipun.

Berkas persetujuan Project MK Ultra yang telah ditanda tangani oleh Dr. Sidney Gottlieb, Psikiater Militer Amerika Serikat.

Subyek yang digunakan pada proyek ini berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Kanada. ada yang mengalami trauma, amnesia, lupa ingatan, dan ada juga yang meninggal selama proyek dan kematiannya sangat dirahasiakan hingga sampai saat ini tidak ada yang mengetahuinya.

Percobaan ini menggunakan berbagai metode, mulai dari Hhipnotis, ‘Phychic Driving’, hingga penggunaan zat kimia mulai dari LSD (English : Lysergic Acid Diethylamide, Indonesia : Asam Lisergat Dietilamida), Amfetamin IV dan Barbiturate IV, hingga Mariyuana, Morfin, dan Heroin.

Dan jika mengutip dari teks di atas, dari liriknya pun dapat menggambarkan keadaannya, seperti contoh di bawah ini.

The wavelength gently grows

Coercive notions re-evolve

A universe is trapped inside a fear

menceritakan ketika seseorang subyek sedang diuji coba dengan metode Psychic Driving.

It resonates the core

Creates unnatural laws

Replaces love and happiness with fear

menceritakan efek dari Psychic Driving, yaitu amnesia, lupa cara berbicara, orang tua, relasi, dll.

How much deception can you take

How many lies will you create

How much longer until you break

menceritakan seberapa tahan CIA bisa menahan dobrakan dari luar yang selama ini telah curiga dengan aktivitasnya yang aneh dan, juga, berbahaya.

You mind’s about to fall

Menceritakan ketika para ilmuan Project MK ULTRA mulai kehabisan pikiran akan metode apa lagi yang harus diberikan guna mencapai tujuan dengan waktu yang singkat, mulai dari ‘mengekspor’ proyek ke daratan Kanada hingga pemberian obat-obatan secara overdosis kepada subyek.

And they are breaking through

Menceritakan ketika proyek ini terbongkar ke publik, walaupun tidak semuanya terungkap. FYI, Project MKULTRA terbongkar pada tahun 1975 oleh U.S. Congress, yang terdiri dari Church Committee dan Rockfeller Commission, setelah pada tahun 1973, Direktur CIA, Richard Helms memerintahkan untuk memusnahkan semua dokumen mengenai Project MK ULTRA.

Invisible to all

The mind becomes a wall

All of history deleted with one stroke

menunjukkan bahwa hampir semua subyek yang diteliti oleh CIA dalam proyeknya tidak mengetahui sama sekali hal tersebut. walaupun demikian ada juga sedikit orang yang masih mengingat sebagian dari kegiatan tersebut.

Now we’re falling, We are losing control

Tak lain merupakan sebuah kejadian dimana ilmuwan dari Project MK ULTRA, Frank Olson, menjatuhkan dirinya dari hotel berlantai enam dan diduga dibunuh dengan cara memasukkan LSD kedalam dirinya secara tidak sadar dan mengendalikan diri Frank Olson oleh agen CIA untuk menjatuhkan diri, karena orang-orang CIA khawatir jika dia hidup maka seluruh Program Senjata Biologis Amerika Serikat, termasuk MKULTRA akan bocor ke masyarakat.

Psychic Driving adalah metode yang dikeluarkan oleh Donald Ewen Cameron, ilmuwan asal Kanada. Metode ini dimulai ketika subjek dibuat koma hingga beberapa lama, bahkan ada satu kasus yang lama komanya hingga beberapa bulan, dan dipasang sebuah kaset atau suara yang disetel dengan nada melengking dan dipasang berulang kali. isi dari suara tersebut adalah sebuah sesuatu semacam statement dan hal tersebut berefek samping beberapa kesalahan dalam pergerakan motorik, ada yang remanen bahkan ada juga yang permanen.

PENILAIAN ADA DI TANGAN ANDA!!

oh ya , sekarang juga telah keluar video klip dari MK Ultra yang juga berkerja sama dengan MTV EXIT. Berikut saya tampilkan videonya:

Dalam video klip ini, mungkin bisa dikatakan jauh melenceng dari lirikya, tetapi tetap sama dalam hal tujuan Muse yang sebenarnya, mengubah dunia dengan musik mereka. Disini menceritakan tentang human trafficking, yang memang diangkat MTV dalam progam MTV EXIT dengan membuat video klip dengan beberapa band ternama seperti Radiohead, The Killers, dan Muse.

Di bagian awal kita bisa lihat seorang wanita muda sedang berbelanja dengan damainya di sebuah supermarket. Lalu diperlihatkan seorang anak kecil dengan wajah polosnya digiring untuk bekerja bersama beberapa anak lainnya. Di scene berikutnya terdapat di sebuah diskotik. Seorang pelanggan sedang memilih salah satu barang dagangan yang disediakan disana. Saat itu juga ditampilkan latar belakang PSK tersebut menekuni pekerjaan itu dengan terpaksa karena kesalah-pahaman.Setelah melayani pelanggan tersebut, uang penghasilannya pun masih direbut oleh mucikari yang menaunginya. Sungguh malang…

Di adegan berikutnya lagi, seorang majikan menyiksa pembantunya yang berasal dari luar negeri. Diperlihatkan juga saat-saat dia di pelatihan para tenaga kerja, dimana dia merasa tersiksa dengan keadaan itu. Setelah itu dia dihukum dengan dikurung di kamarnya. Dilihatnya jalanan, dimana banyak orang masih bisa hidup dengan bebasnya, tanpa tekanan, ancaman, atau lainnya. Di akhir video pun terdapat kutipan:

Some things cost more than you realize

Jujur inilah video klip Muse yang paling bikin kita trenyuh karenanya. Makna dan pesan yang disampaikan sangan dalam, seperti karya-karya Muse yang lainnya. Semoga semua ini dapat mengubah dunia, seperti tujuan awalnya.

sumber : http://black7spider.wordpress.com/

MUSER ID

MUSE - Music For Clever People / Muse Indonesia / Muser Indonesia / Penikmat Musiknya MUSE / Follow @MuserID

Makna Muse » » MAKNA LAGU MUSE lirik mk ultra Makna lagu endlessly arti lirik lagu muse mk ultra
Makna Lagu Muse – MK Ultra Reviewed by Muser Indonesia on . This Is Article About Makna Lagu Muse – MK Ultra

Disini saya akan membahas sebuah lagu dari Muse, MK Ultra, dan semua cerita dibalik lirik-liriknya yang dapat saya jabarkan. Kita tahu kalau grup band asal Inggris ini menghadirkan berbagai lagu mengenai masalah-masalah yang ada di dunia ini, mulai dari kontroversi-kontroversi, korupsi, pemikiran politik, dll. Yang dikemas dengan alunan nada yang diluar dugaan para musisi. Kata

Rating: 4
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

1 Komentar "Makna Lagu Muse – MK Ultra"


  1. wow! great… I LOVE this….

    tapi apakah MUSE masih termasuk MASON?
    atau anti-MASON?

    kalo anti-MASON

    kenapa dia masih bisa terus berkarya dan tidak diancam untuk dibunuh?

    tolong pencerahannya ya… PM kalo bisa


Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya