Muse » Info Muse » Muse Album Showbiz

Muse Album Showbiz

1998-2000: E.P. dan Showbiz

Setelah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, Muse memainkan konser-konser pertama mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu dengan Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills, yang bermarkas di Cornwall, Inggris.

Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman resmi pertama Muse, yaitu E.P. Muse yang menggunakan label Sawmills, Dangerous. Lalu E.P. ke-2 mereka, Muscle Museum, meraih peringkat ke-3 pada tangga lagu indie dan mendapat perhatian dari jurnalis musik Inggris yang berpengaruh, Steve Lamacq, serta majalah musik mingguan Inggris, NME. Dennis Mills lalu membantu membangun perusahaan musik Taste Media, yang dibuat khusus untuk Muse (Muse menggunakan label ini untuk 3 album pertama mereka). Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan untuk Muse karena mereka dapat mempertahankan keunikan musik mereka pada awal karier mereka.

Walaupun E.P. ke-2 mereka cukup sukses, banyak perusahaan rekaman Inggris tetap enggan mendukung Muse, dan banyak orang di industri musik menganggap musik Muse terlalu mirip dengan Radiohead sebagaimana halnya band-band baru asal Inggris lain saat itu.

Namun, perusahaan Amerika Serikat Maverick Records mempromosikan Muse untuk tampil beberapa kali di Amerika Serikat hingga akhirnya mengontrak mereka pada tanggal 24 Desember 1998. Sepulangnya dari Amerika, Taste Media mendapatkan kontrak untuk Muse di perusahaan-perusahaan rekaman di Eropa dan Australia. John Leckie, yang menjadi produser album untuk Radiohead, Stone Roses, “Weird Al” Yankovic dan The Verve, dijadikan produser album pertama Muse, Showbiz.

Peluncuran album ini diikuti dengan penampilan pendukung pada tur band Foo Fighters dan Red Hot Chili Peppers di Amerika Serikat. Pada tahun 1999 dan 2000, Muse bermain pada beberapa festival musik di Eropa dan Australia, dan mengumpulkan banyak penggemar baru di Eropa Barat.

Kritik yang cukup berat menimpa Muse dan Showbiz. Menurut para kritikus musik, suara mereka terlalu mirip dengan Radiohead, namun ini tidak menghentikan keberhasilan mereka – Muscle Museum dan Sunburn dirilis sebagai single yang cukup sukses dan Unintended yang menjadi single pertama yang memasuki 20 besar.

Showbiz menunjukkan gaya musik Muse yang agresif, serta gaya mereka yang emosional. Beberapa lagu mereka, seperti Sunburn, menunjukkan kesulitan mereka ketika mereka mencoba untuk menmpatkan diri, serta liriknya yang menunjukkan tentang cinta dan uang.

Showbiz terbukti sukses, menjual 700.000 kopi di seluruh dunia dan masih bertambah.

Dengan keberhasilan Showbiz, Muse mendapat kesempatan di berbagai festival besar, termasuk festival Glastonbury, di mana mereka mendapat sebuah Golden Disc untuk penjualan Showbiz, dan festival Membaca. Seiring dengan festival, tur Eropa, Australia, dan Jepang menyusul. Mereka mengakhiri tahun sukses mereka dengan merilis Box Set Showbiz di Perancis, yang berisi semua single mereka dari Showbiz, dan Random EP 1-8 di Jepang, yang menampilkan 8 b-sidesnya. Mereka ternominasi pada penghargaan Best New Act pada Brit Awards dan memenangkan penghargaan yang sama pada NME Awards. Dengan kesuksesan album debut Muse, mereka mampu mendapatkan basis penggemar yang cukup besar di seantero Eropa Barat.

Setelah setahun penuh pertunjukan di Eropa, Muse kembali ke studio rekaman untuk merekam album mereka setelah Showbiz. John Leckie didekati lagi untuk memproduseri album kedua mereka, Origin of Symmetry, bersama dengan David Botrill. Album kedua mereka dianggap suatu perubahan arah bagi mereka.

Matt menjelaskan sebagai: “Ketika kita membuat album pertama, kita hanya melakukan beberapa show di London, tidak ada tur besar-besaran. Kami tahu seberapa besar keinginan kami untuk melakukan itu dari tur dengan band-band lain karena keadaan mereka di panggung. Jika kami meniru mereka, aku khawatir itu akan terdengar mirip dengan mereka. Jadi, Kami akan menggunakan lonceng angin untuk latar belakangnya … sedikit tulang, cakar llama dan bungkusan gelembung. Itu akan terdengar jauh lebih atmosferik. “

MUSER ID

MUSE - Music For Clever People / Muse Indonesia / Muser Indonesia / Penikmat Musiknya MUSE / Follow @MuserID

Info Muse »
Muse Album Showbiz Reviewed by Muser Indonesia on . This Is Article About Muse Album Showbiz

1998-2000: E.P. dan Showbiz Setelah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, Muse memainkan konser-konser pertama mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu dengan Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills, yang bermarkas di Cornwall, Inggris. Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman resmi pertama Muse, yaitu E.P. Muse yang menggunakan label Sawmills, Dangerous. Lalu E.P. ke-2 mereka, Muscle Museum, meraih peringkat ke-3 pada tangga lagu indie dan mendapat perhatian dari jurnalis musik Inggris yang berpengaruh,

Rating: 5
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "Muse Album Showbiz"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya